Khusus Pengguna Sepeda Motor, Hal-hal yang Dapat Mengganggu Pengendara Lain

Jalan raya ialah jalan utama yang menghubungkan satu kawasan dengan kawasan yang lain. Seiring dengan semakin banyaknya pertumbuhan kendaraan pribadi baik, mobil ataupun motor makan jalanan pun menjadi semakin ramai dan rawan kemacetan serta yang lebih parahnya dapat menyebabkan kecelakaan jika diantara pengemudi tidak ada rasa toleransi.

Ada beberapa hal-hal kecil yang sering diabaikan oleh pengendara sepeda motor, ketika berada di jalan raya yang dapat merugikan dirinya sendiri dan pengendara lainnya.

Berikut hal-hal kecil yang dilakukan pengendara sepeda motor yang dapat merugikan pengendara lainnya :

1. Lupa mematikan lampu sein

img01115-20100724-1629

Ini yang hampir banyak pengendara motor lakukan, lupa mematikan lampu sein setelah berbelok dapat membuat pengendara lainnya menjadi bingung atau yang paling parah bisa terjadi kecelakaan akibat lupa mematikan lampu sein.

2. Berbelok tanpa menyalakan lampu sein

1_2344safety-helmet_endro2

Ini juga tidak kalah bahayanya, lampu sein merupakan suatu alat untuk berkomunikasi antar pengendara kendaraan bermotor. Kalau tiba – tiba melakukan manuver berbelok tanpa memberi aba – aba pada pengendara dibelakang, hal tersebut akan berakibat fatal.

3. Membawa muatan yang berlebihan

13929792041132393945

Membawa muatan yang berlebihan selain dapat menggangu pengguna jalan lain juga dapat mengurangi visibilitas si pengendara sendiri. Hal ini dapat mengakibatkan kecelakaan karena kurangnya area pantau atau visibilitas dari pengendara sepeda motor.

4. Memotong Spakboard Belakang

22022012_083522

Hal ini memang tidak akan terasa pada saat jalanan kering, namun pada saat hujan dalam kondisi basah hal ini akan sangat mengganggu pengendara di belakang. Spakboard yang dipotong tidak dapat menahan cipratan air yang berasal dari ban, akibatnya cipratan air tersebut akan mengenai pengendara dibelakang.

5.  Lampu Stop atau Lampu Belakang yang terang (putih)Lampu Rem Belakang Putih 02 - curahan-hati-gue.blogspot.com

Penggantian atau pencopotan mika lampu belakang dapat membuat pengendara dibelakang menjadi bingung, terutama pada malam hari. selain membuat bingung lampu yang terang juga dapat menyilaukan pengendara dari arah belakang. Akibatnya situasi ini dapat menyebabkan kecelakaan.

6. Menggunakan Knalpot Racing

5768b4a33e

Motor dengan suara yang bising dapat menyebabkan polusi kebisingan. Sesuai dengan pasal 285 ayat 1 UU serupa. “Jika knalpot sepeda motor tidak sesuai dengan spesifikasi kelayakan jalan, bersuara keras misalnya, maka ketika terjaring dalam razia, akan dikenai sanksi tilang sesuai dengan pasal perundangan yang berlaku”.

BERKENDARALAH DENGAN BIJAK DAN AMAN

BERSATU KESELAMATAN NO.1

sumber : kaskus.co.id